Langsung ke konten utama

FIREWALL JARINGAN VOIP & KOMPUTER

FIREWALL JARINGAN VOIP & KOMPUTER


firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang memberi otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang dianggapnya aman untuk melaluinya dan melakukan pencegahan terhadapa jaringan yang dianggap tidak aman. Firewall dapat berupa perangkat lunak (program komputer atau aplikasi) atau perangkat keras (peralatan khusus untuk menjalankan program fire-wall) perangkat yang menyaring lalu lintas jaringan antara jaringan. Perlindungan dengn Firewall adalah mutlak diperlukan untuk komputasi perangkat seperti komputer yang diaktifkan dengan koneksi Internet. Meningkatkan tingkat keamanan jaringan komputer dengan memberikan informasi rinci tentang pola-pola lalu lintas jaringan. Perangkat ini penting dan sangat diperlukan karena bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaring komputer internal dan jaringan komputer eksternal.

“MANFAAT FIREWALL ADALAH”


  • Manfaat firewall  adalah untuk menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan. Sebagai contoh, FTP (File Transfer Protocol) lalu lintas dari jaringan komputer organisasi dikendalikan oleh fire-wall. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengguna di jaringan mengirim file rahasia yang disengaja atau tidak sengaja kepada pihak lain.
  • Manfaat Firewall sebagai filter juga digunakan untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan. Hal ini mencegah pengguna berbagi file, dan bermain-main di jaringan.Aplikasi jenis ini berguna terutama dalam sektor korporasi.
  • Manfaat firewall lainnya adalah untuk memodifikasi paket data yang datang di fire-wall. Proses ini disebut Network Address Translation (NAT). Ada jenis NAT disebut NAT dasar, di mana alamat IP (Internet Protocol) pribadi dari jaringan komputer yang tersembunyi di balik satu alamat IP tertentu. Proses ini disebut sebagai IP samaran. Hal ini membantu pengguna dalam sebuah jaringan yang meliputi sistem tanpa nomor IP publik yang beralamat, untuk mengakses Internet.
  • Akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk dll, sangat penting bagi setiap perkembangan bisnis. Jika informasi tersebut diubah oleh sumber eksternal, maka akan memberikan dampak merugikan. Manfaat Firewall disini adalah mencegah modifikasi data yang tidak sah di website .
Jika sistem tidak tersedia bagi pengguna secara tepat waktu, maka halini akan menyebabkan penurunan produktivitas karyawan, kehilangan kepercayaan konsumen, dan publisitas yang buruk. Fire-wall memastikan ketersediaan sistem.

Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer & VoIP. Firewall adalah sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman.
Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer

  • Mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir di Jaringan Komputer
  • Melakukan autentifikasi terhadap akses
  • Aplikasi proxy Firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data
  • Mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di Firewall
Fungsi Firewall Pada Jaringan VoIP
  • VoIP memiliki ribuan port yang dapat diakses untuk berbagai keperluan
  • Firewall komputer bertugas menutup port-port tersebut kecuali beberapa port yang perlu tetap terbuka
  • Firewall di VoIP bertindak sebagai garis pertahanan pertama dalam mencegah semua jenis hacking.
  • Menjaga informasi rahasia dan berharga agar tidak keluar tanpa diketahui oleh pengguna
  • Untuk memodifikasi paket data yang datang melalui firewall
Dapus:
http://perfect177.blogspot.co.id/2014/11/funsi-firewall-pada-jaringan-komputer.html
https://blog.dhifoaksa.id/?p=323

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan)

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) 1.        Apa yang dimaksud dengan CSMA (Carrier Sense Multiple Acces)... a.        sebuah metode  media access control  (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan  Ethernet . b.        penyempitan jalur dalam sebuah jaringan. c.        bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. d.        layanan server ke client yang menyebarkan data-data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau sumber audio. e.        permintaan flood dikirim ke semua station yang berada dalam network serangan ini dimakan. 2.        Kepanjangan OSI adalah... a.        Operating System Interfaces b.        Open Souerce Interconnection c.        Open System Interconnection d.        Operating System Connection e.        Operating System Interco

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan)

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan) 1.        Fungsi dari perintah ipconfig adalah .... a.       mengecek konektifitas komputer b.      melihat akses internet c.       Mengecek konfigurasi internet d.      melihat konfigurasi IP sebuah komputer - e.      Melihat setting computer 2.       Aplikasi server yang bertanggung jawab dalam proses penerjemahkan hostname menjadi ip address adalah ... A. Firewall B. Server DNS C. FQDN D. BIND E. Cache only name server 3.       Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server disebut jaringan … a.       Peer to peer b.      Client and server c.       Bus d.      Local Area Network e.      Tree 4.       Lapisan ini mengatur bagaimana data atau informasi itu dibawa ke tempat tujuan termasuk juga menjaga kualitas dari service pengiriman data tersebut ... A. Aplikasi B. Session C. Transport D. Network E. Datalink 5.       Fungsi dasar dari perangkat route

administrasi infrastruktur jaringan

Nama : Fany Wulandari Kelas  : XII TKJ 2 Sekolah :SMKN 13 Bandung PENGERTIAN QUALITY OF SERVICE Quality of Service ini adalah Kualitas dari Jaringan kita, Misalnya melakukan manajemen Bandwidth yang merata pada setiap PC Client, Kecepatan yang akan didapat oleh Setiap Client, dan sebagainya yang berhubungan dengan Kualitas Jaringan. Sebagai contoh dari Quality of Service Bandwidth Manajemen kita bisa lihat gambar topologi dibawah ini : Pada Mikrotik sendiri, penerapan Bandwith manajemen bisa menggunakan fitur  Queue . Queue sendiri terbagi 2, yaitu  Simple Queue & Queue Tree . Yang pertama saya bahas disini adalah  Simple Queue . Pada saat menerapkan  Queue pada jaringan, akan ada 2 jenis Rate, yaitu  MIR dan CIR . ·           MIR (Maximum Information Rate) adalah Bandwidth Maksimal yang akan di dapatkan oleh Client ketika jaringan sedang tidak sibuk (tidak digunakan User Lain) ·           CIR (Committed Information Rate) adalah Bandwidth yang akan di dapatkan sa