Langsung ke konten utama

administrasi infrastruktur jaringan

Nama : Fany Wulandari
Kelas  : XII TKJ 2
Sekolah :SMKN 13 Bandung


PENGERTIAN QUALITY OF SERVICE
Quality of Service ini adalah Kualitas dari Jaringan kita, Misalnya melakukan manajemen Bandwidth yang merata pada setiap PC Client, Kecepatan yang akan didapat oleh Setiap Client, dan sebagainya yang berhubungan dengan Kualitas Jaringan. Sebagai contoh dari Quality of Service Bandwidth Manajemen kita bisa lihat gambar topologi dibawah ini :

Pada Mikrotik sendiri, penerapan Bandwith manajemen bisa menggunakan fitur Queue. Queue sendiri terbagi 2, yaitu Simple Queue & Queue Tree. Yang pertama saya bahas disini adalah Simple Queue. Pada saat menerapkan Queuepada jaringan, akan ada 2 jenis Rate, yaitu MIR dan CIR.
  • ·         MIR (Maximum Information Rate) adalah Bandwidth Maksimal yang akan di dapatkan oleh Client ketika jaringan sedang tidak sibuk (tidak digunakan User Lain)
  • ·         CIR (Committed Information Rate) adalah Bandwidth yang akan di dapatkan saat kondisi jaringan (traffic) penuh / sibuk. Tetapi, tidak akan mendapatkan Bandwidth dibawah CIR


SIMPLE QUEUE

Melakukan manajemen bandwidth dengan Simple Queue adalah cara paling sederhana. Pada simple queue kita bisa melimit Bandwidth berdasarkan IP Address Client. Baik itu bandwidth Download ataupun Upload. Untuk pembahasan pertama, saya akan mencoba melakukan limit bandwidth seperti pada gambar topologi dibawah ini :



k    Bisa kita lihat gambar diatas, ISP memberikan Bandwidth terhadap Router MikroTik untuk Download dan Upload sebesar 2M/2M. Bisa kita lihat juga pada gambar diatas Router MikroTik mempunyai 1 buah PC Client yang terhubung melalui interface ether2 dengan IP Address 13.13.13.5. Disini kita akan melakukan konfigurasi limit bandwidth terhadap PC Client tersebut, melimit bandwidth Download dan Upload nya menjadi maksimal 1Mbps.Sisa dari bandwidth yang diberikan ISP akan kita buat menjadi bandwidth cadangan.Bisa terpakai pada Burst atau yang lain nya.
Sekarang, kita langsung saja menuju langkah konfigurasinya

Jika melalui perintah text (CLI) perintahnya
  • queue simple add name=client target=13.13.13.5 max-limit=1M/1M
Setelah itu kita cek menggunakan perintah text queue simple print
image419
Jika melalui WinBox (GUI) klik menu Queues –> + (add) Setelah itu , di bagian Target Address kita masukkan IP Address client nya. Lalu di bagian Target Download dan Target Upload, kita isi dengan Bandwidth Download dan Uploadnya.


image420
Konfigurasi Simple Queue melalui WinBox

Konfigurasi diatas sudah selesai. Simple Bukan? Maka, sekarang user dengan IP 13.13.13.5 hanya akan dapat bandwidth download/upload sebesar 1Mbps. Kita bisa menggunakan Speedtest atau tool Torch MikroTik untuk melakukan pengujian

Sekarang, kita akan mencoba melakukan pembagian Bandwidth pada 4 user client. Disini kita akan memanfaatkan fitur parent dan child. Jadi, nantinya setiap child akan menginduk dan meminta jatah bandwidth terhadap bandwidth parent.


image421
Simple Queue Hirarki

Ketika jaringan penuh, semua pc client akan mendapatkan bandwidth CIR. Agar lebih jelas, lihat gambar dibawah ini :
Ketika jaringan penuh :


image417
Jaringan Penuh

Ketika jaringan sedang sepi, yang memakai jaringan hanya 1 PC Client, maka PC Client tersebut akan mendapatkan bandwidth MIR.
Ketika jaringan hanya 1 yang memakai


image422
Jaringan hanya PC 1 yang memakai

Teknik ini biasa disebut juga dengan teknik Bandwidth type Hirarki.
Sekarang kita langsung saja ke langkah konfigurasi nya.
Sebelum itu, lebih baik kita hapus dulu rule yang sebelumnya dengan menggunakan perintah
  • queue simple print
image423
  • queue simple remove 0


image424
Hapus Simple Queue sebelumnya (no.index=0)

Pertama, kita akan membuat queue simple yang akan digunakan sebagai induk atau parent terlebih dahulu. Kita akan membuat limit bandwidth maksimal (MIR) 1Mbps, baik download maupun upload untuk semua PC Client. Perintah text (CLI) nya adalah sebagai berikut :
  • queue simple add name=induk target=13.13.13.0/24 max-limit=1M/1M


image425
Konfig. queue parent

Sekarang, kita lakukan konfigurasi CIR dan MIR untuk 4 user client. Perintah text nya hampir sama seperti sebelumnya, hanya saja disini kita menambahkan perintah parent yang nantinya ajan diisi dengan nama queue parent yang kita buat sebelumnya. Perintah text nya adalah sebagai berikut
  • queue simple add name=Client1 target=13.13.2/24 max-limit=1M/1M limit-at=256k/256k parent=induk
image426
bagian max-limit adalah MIR , limit-at adalah CIR. Sekarang, kita buat perintah konfigurasi untuk client yang lain nya.
image427
Kita cek menggunakan queue simple print
image428
Jika melalui WinBox (GUI) klik menu Queues –> + (add) lalu ikuti konfigurasi nya seperti perintah text diatas.
Parent :


image429

Client :
image430

Jika sudah dikonfgurasi, maka, jika hanya 1 user yang menggunakan jaringan, nantinya user1 akan mendapatkan bandwidth full 1Mbps. Ketika jaringan sibuk, 4 client tersebut menggunakan jaringan maka semuanya akan mendapatkan kecepatan minimum (CIR).



Daftar Pustaka
https://ranggamcrijll.wordpress.com/2017/03/27/mikrotik-quality-of-service-pengertian-dan-simple-queue/
www.meno-san.blogspot.co.id

Komentar

  1. Top 10 best slots in the world - Dr.MCD
    Discover the 김해 출장안마 top 10 slots from the 원주 출장안마 best casino games providers 바카라 사이트 유니벳 in the world, including, slots, video 시흥 출장샵 poker, It's all about the best 부천 출장샵 slots from these

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan)

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) 1.        Apa yang dimaksud dengan CSMA (Carrier Sense Multiple Acces)... a.        sebuah metode  media access control  (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan  Ethernet . b.        penyempitan jalur dalam sebuah jaringan. c.        bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. d.        layanan server ke client yang menyebarkan data-data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau sumber audio. e.        permintaan flood dikirim ke semua station yang berada dalam network serangan ini dimakan. 2.        Kepanjangan OSI adalah... a.        Operating System Interfaces b.        Open Souerce Interconnection c.        Open System Interconnection d.        Operating System Connection e.        Operating System Interco

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan)

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan) 1.        Fungsi dari perintah ipconfig adalah .... a.       mengecek konektifitas komputer b.      melihat akses internet c.       Mengecek konfigurasi internet d.      melihat konfigurasi IP sebuah komputer - e.      Melihat setting computer 2.       Aplikasi server yang bertanggung jawab dalam proses penerjemahkan hostname menjadi ip address adalah ... A. Firewall B. Server DNS C. FQDN D. BIND E. Cache only name server 3.       Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server disebut jaringan … a.       Peer to peer b.      Client and server c.       Bus d.      Local Area Network e.      Tree 4.       Lapisan ini mengatur bagaimana data atau informasi itu dibawa ke tempat tujuan termasuk juga menjaga kualitas dari service pengiriman data tersebut ... A. Aplikasi B. Session C. Transport D. Network E. Datalink 5.       Fungsi dasar dari perangkat route