Langsung ke konten utama

Apa itu pabx?

z

Apa itu PABX ?

PABX, Pengertian PABX, funsi PABX, macam- macam PABXPABX - Untuk permulaan kali ini saya akan membahas mengenai apa itu  PABX, oke langsung aja. 
PABX (Private Automatic Branch eXchange) atau yang sekarang disebut PBX (Private Branch eXchange) adalah perangkat elektronika yang berfungsi  sebagai
sentral yang memiliki peran di dalamnya sebagai pengatur, penyambung, penerus, maupun penghubung ruang satu dengan lainnya, baik internal maupun eksternal yang terhubung secara langsung dengan setiap extension dengan kapasitas lebih dari 2 cabang dengan menggunakan sebuah console berupa telpon, mesin fax, ataupun perangkat lainnya dengan perantara sebuah kabel.


Secara umum perangkat PABX terhubung ke penyedia layanan telekomunikasi publik, atau yang biasa kita sebut Telkom, sehingga dengan adanya PABX/PBX dapat memaksimalkan penggunaan line telkom dan fungsi telpon. Dengan PABX/PBX satu line telkom tidak hanya dapat digunakan satu telpon saja melainkan lebih, sesuai dengan keinginan bergantung jumlah extension yang tersedia dan program atau settingan yang digunakan.
Kegunaan
Selain digunakan untuk memaksimalkan penggunaan line telkom dan fungsi telkom PABX/PBX juga bertujuan untuk menghemat biaya, karena dengan PABX, komunikasi antar ruangan (extension to extension) tidak di kenakan biaya oleh layanan telekomunikasi public , selain itu seperti sudah di jelaskan di atas, dengan PABX tiap line telkom dapat di bagi ke seluruh extension (cabang). Karena memiliki peran sangat penting, PABX/PBX banyak digunakan di gedung-gedung, perkantoran, hotel, ruko, sekolah, dan bangunan besar lainnya.
Macam dan Jenis PABX
PABX/PBX dapat dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan system kerjanya. 

PABX DigitalPABX jenis ini memiliki system yang keluaranya (output) berupa data digital, dan biasanya membutuhkan kabel telpon jenis 2 pair (isi 4 kawat). Karena kluaran berupa data digital, maka perlu di konversikan menjadi sinyal analog berupa suara, sehingga membutuhkan pesawat khusus yang biasanya disebut key telephone. Perbedaan key telephone ini dengan telpon pada umumnya yaitu terletak pada fitur-fitur yang dapat digunakan untuk mensetting/memprogram PABX  atau yang biasanya digunakan untuk operator.
  • PABX Analog
PABX jenis ini memiliki kluaran berupa sinyal analog, sehingga cukup hanya menggunakan kabel telpon isi 2 kawat saja, sudah dapat digunakan untuk mengaktifkan telpon SLT (Single Line Telephone) atau telpon pada umumnya.
  • PABX Hybrid
PABX ini merupakan gabungan dari system digital dan analog sehingga dapat menggunakan telp digital/key telephone ataupun analog/SLT(single Line Telephone)
  • IP PABX
PABX jenis ini merupakan PABX  generasi terbaru, karena selain menggunakan system hybrid di dalamnya, PABX ini juga menggunakan system komunikasi berbasis  teknologi Internet Protocol (IP) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) maupun ekstension IP Phone.

Merk dan Type PABX
Banyak sekali macam-macam merk dan type PABX yang beredar di pasaran, Panasonic dan Nec  dua merk terkenal perangkat PABX yang banyak digunakan masyarakat. Panasonic sendiri terdapat beberapa seri, seperti A Series untuk A 1232, A 3264, dan A 512. Kemudian ada Seri HB, Seri HT, Seri TA, VB9, XH, TDA, TD, TDN, TDE, DBS, dan NCP. Masing-masing seri ini memiliki spesifikasi teknik dan fitur yang berbeda-beda. Sedangkan Nec menyediakan berbagai seri, seperti Neax Series, Aspila Ex, IPS Series, SL 1000, Aspila Topaz, SV 8500, SV 8300, dan SV 8100. Selain itu banyak juga merk analog PABX yang beredar di pasaran seperti favorite, sahitel, verophone, soho, je, phanaphone, dll.

Produsen elektronik lain yang juga memproduksi PABX adalah Toshiba, LG untuk seri LP Ldk, Aria Soho, Samsung, dan Nitsuko untuk seri TX 308. Selain itu, ada juga merk Avaya, Nortel, Lucent, Transtel, Philips, Siemens, Alcatel untuk seri Oxo Lite 32, dan 48. Sementra Transtel mengeluarkan seri TDS 160, TDS 640, TDS 320 dan TDS 1280. Siemens mengeluarkan Hipath Series untuk beberapa type, seperti 1150, 1190, 3500, 4000, 1120, dan 3800.


daftar pusaka : http://www.dedysoerya.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan)

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) 1.        Apa yang dimaksud dengan CSMA (Carrier Sense Multiple Acces)... a.        sebuah metode  media access control  (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan  Ethernet . b.        penyempitan jalur dalam sebuah jaringan. c.        bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. d.        layanan server ke client yang menyebarkan data-data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau sumber audio. e.        permintaan flood dikirim ke semua station yang berada dalam network serangan ini dimakan. 2.        Kepanjangan OSI adalah... a.        Operating System Interfaces b.        Open Souerce Interconnection c.        Open System Interconnection d.        Operating System Connection e.        Operating System Interco

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan)

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan) 1.        Fungsi dari perintah ipconfig adalah .... a.       mengecek konektifitas komputer b.      melihat akses internet c.       Mengecek konfigurasi internet d.      melihat konfigurasi IP sebuah komputer - e.      Melihat setting computer 2.       Aplikasi server yang bertanggung jawab dalam proses penerjemahkan hostname menjadi ip address adalah ... A. Firewall B. Server DNS C. FQDN D. BIND E. Cache only name server 3.       Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server disebut jaringan … a.       Peer to peer b.      Client and server c.       Bus d.      Local Area Network e.      Tree 4.       Lapisan ini mengatur bagaimana data atau informasi itu dibawa ke tempat tujuan termasuk juga menjaga kualitas dari service pengiriman data tersebut ... A. Aplikasi B. Session C. Transport D. Network E. Datalink 5.       Fungsi dasar dari perangkat route

administrasi infrastruktur jaringan

Nama : Fany Wulandari Kelas  : XII TKJ 2 Sekolah :SMKN 13 Bandung PENGERTIAN QUALITY OF SERVICE Quality of Service ini adalah Kualitas dari Jaringan kita, Misalnya melakukan manajemen Bandwidth yang merata pada setiap PC Client, Kecepatan yang akan didapat oleh Setiap Client, dan sebagainya yang berhubungan dengan Kualitas Jaringan. Sebagai contoh dari Quality of Service Bandwidth Manajemen kita bisa lihat gambar topologi dibawah ini : Pada Mikrotik sendiri, penerapan Bandwith manajemen bisa menggunakan fitur  Queue . Queue sendiri terbagi 2, yaitu  Simple Queue & Queue Tree . Yang pertama saya bahas disini adalah  Simple Queue . Pada saat menerapkan  Queue pada jaringan, akan ada 2 jenis Rate, yaitu  MIR dan CIR . ·           MIR (Maximum Information Rate) adalah Bandwidth Maksimal yang akan di dapatkan oleh Client ketika jaringan sedang tidak sibuk (tidak digunakan User Lain) ·           CIR (Committed Information Rate) adalah Bandwidth yang akan di dapatkan sa