Langsung ke konten utama

Jenis-jenis jaringan telepon

A. Jenis-jenis jaringan telepon

1. Telepon satelit 

Telepon satelit adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan base transceiver station (BTS) nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSMyang menempatkan BTS-nya di darat. Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di derah pegunungan, pedalaman hingga di tengah lautan. Berbeda dengan telepon GSM yang jangkauannya terbatas. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan.



Cara Kerja Telepon Satelit

  • Melakukan Panggilan
Penelepon memasukkan nomor telepon yang dituju lalu tekan tanda kirim. Telepon akan memproses untuk menemukan satelit yang paling dekat dengan telepon asal lalu mengirim informasi tersebut.
  • Dari Luar Angkasa ke Bumi
Satelit yang menerima lalu mengirimkan panggilan ke mesin penerima di tanah yang paling dekat melalui sebuah gateway. Gateway ini mencoba untuk meneruskan panggilan. Apabila panggilan menuju Australia berasal dari Eropa dan gateway tersebut tidak dapat melacak dan meneruskan panggilan melalui jaringan telepon yang ada, gateway akan mengirimkan lagi sinyal tersebut ke satelit terdekat yang akan melanjutkan panggilan hingga mencapai salah satu gateway yang mampu melacak penerima. Hal ini dapat terjadi beberapa waktu tergantung seberapa jauh lokasi penelpon dan penerima.
  • Dari Luar Angkasa ke Bumi, Tahap Terakhir
Gateway menerima panggilan yang datang dari satelit dan diterima oleh jaringan penerima. Format panggilan telah diubah sehingga dapat diterima oleh telepon standar atau telepon seluler. Panggilan dari pemanggil ke penerima dapat tersambung apabila perubahan format telah dilakukan dan koneksi terbangun.


2. TELEPON SELULER

Telepon Seluler atau yang sering disebut Hand Phone atau HP merupakan paduan perpaduan antara Teknologi Telepon dengan Teknologi Radio. Tetapi dalam perkembangannya Teknologi Komputer juga masuk dengan mulus pada telepon seluler ini.

  PROSES DAN CARA KERJA

Proses komunikasi jaringan telepon seluler ialah Telepon seluler menggunakan sistem wireless. Pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler.
Cara kerja telepon seluler wireless antara lain :
1.      Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
2.      Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh pnsel ke bts terdekat
3.      Sinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi
4.      Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian diteruskan ke si penerima
5.      Setelah sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.


·         BTS (Base Transceiver Station) berfungsi menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan menuju jaringan lain. BTS adalah equipment paling luar yang berhubungan langsung dengan mobile station (handphone/mobilephone).
·         BSC (Base Station Controller) itu seperti otak/commander dari BTS-BTS.BSC menyediakan fungsi pengaturan pada beberapa BTS yang dikendalikannya.
·         MSC (Mobile Switching Center) adalah merupakan titik penyampaian atau penyambungan utama untuk teknologi GSM, bertanggung jawab untuk menghandle beberapa panggilan suara dan SMS sebaik mungkin dengan layanan – layanan yang lain (seperti conference calls, FAX dan circuit switched data).
·         SMSC (Short Message Service Center) adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang bertanggung jawab memperkuat, menyimpan dan meneruskan pesan pendek antara SMS dan piranti bergerak. SMSC harus memiliki kehandalan , kapasitas pelanggan, dan throughput pesan yang tinggi.


B. Perbedaan jaringan telepon seluler dengan satelit

  
     Foto Nokia Hijau diatas adalah contoh foto telepon seluler, telepon seluler maupun telepon satelit punya fungsi dasar yang sama, yakni untuk berkomunikasi. Bentuk fisik pesawat telepon seluler maupun telepon satelit juga mirip-mirip. Baik telepon seluler maupun telepon satelit juga bisa berkomunikasi dengan jenis telepon yang bervariasi. Telepon seluler bisa berhubungan dengan sesama telepon seluler, maupun dengan telepon rumah.
       Telepon satelit juga bisa mengontak telepon seluler, sesama telepon satelit, maupun telepon rumah. Tapi, di antara keduanya punya beberapa perbedaan yang mendasar. "Telepon seluler memanfaatkan rambatan gelombang dari satu BTS ke BTS yang lain dalam mengirimkan sinyal. Sedangkan telepon satelit, rambatan gelombangnya menggunakan satelit yang ditempatkan di luar angkasa".Sinyal dari orang yang menelpon dikirimkan ke satelit, lalu dipancarkan lagi ke nomor telepon yang dituju.
      Penggunaan satelit ini membuat telepon satelit mampu menjangkau wilayah yang lebih luas dibanding telepon seluler. Wilayah-wilayah di tengah hutan atau ditengah laut yang tidak terdapat BTS bisa dijangkau oleh telepon satelit. Namun, penggunaan satelit ini juga membuat para penggunanya harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal dibanding percakapan menggunakan seluler.



C.Diagram Alur Komunikasi
   
 -Telepon Kabel
   
  

 -Telepon Ip
 Hasil gambar untuk diagram alur komunikasi ip
   
    -Telepon Genggam
    
   Hasil gambar untuk diagram alur komunikasi telepon genggam
  -Telepon Satelit
     Hasil gambar untuk diagram alur komunikasi telepon satelit

Daftar pusaka https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_satelit

http://tiplanet.blogspot.co.id
http;//reresy.blogspot.com
http://infoselulerindo.blogspot.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan)

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) 1.        Apa yang dimaksud dengan CSMA (Carrier Sense Multiple Acces)... a.        sebuah metode  media access control  (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan  Ethernet . b.        penyempitan jalur dalam sebuah jaringan. c.        bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. d.        layanan server ke client yang menyebarkan data-data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau sumber audio. e.        permintaan flood dikirim ke semua station yang berada dalam network serangan ini dimakan. 2.        Kepanjangan OSI adalah... a.        Operating System Interfaces b.        Open Souerce Interconnection c.        Open System Interconnection d.        Operating System Connection e.        Operating System Interco

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan)

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan) 1.        Fungsi dari perintah ipconfig adalah .... a.       mengecek konektifitas komputer b.      melihat akses internet c.       Mengecek konfigurasi internet d.      melihat konfigurasi IP sebuah komputer - e.      Melihat setting computer 2.       Aplikasi server yang bertanggung jawab dalam proses penerjemahkan hostname menjadi ip address adalah ... A. Firewall B. Server DNS C. FQDN D. BIND E. Cache only name server 3.       Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server disebut jaringan … a.       Peer to peer b.      Client and server c.       Bus d.      Local Area Network e.      Tree 4.       Lapisan ini mengatur bagaimana data atau informasi itu dibawa ke tempat tujuan termasuk juga menjaga kualitas dari service pengiriman data tersebut ... A. Aplikasi B. Session C. Transport D. Network E. Datalink 5.       Fungsi dasar dari perangkat route

administrasi infrastruktur jaringan

Nama : Fany Wulandari Kelas  : XII TKJ 2 Sekolah :SMKN 13 Bandung PENGERTIAN QUALITY OF SERVICE Quality of Service ini adalah Kualitas dari Jaringan kita, Misalnya melakukan manajemen Bandwidth yang merata pada setiap PC Client, Kecepatan yang akan didapat oleh Setiap Client, dan sebagainya yang berhubungan dengan Kualitas Jaringan. Sebagai contoh dari Quality of Service Bandwidth Manajemen kita bisa lihat gambar topologi dibawah ini : Pada Mikrotik sendiri, penerapan Bandwith manajemen bisa menggunakan fitur  Queue . Queue sendiri terbagi 2, yaitu  Simple Queue & Queue Tree . Yang pertama saya bahas disini adalah  Simple Queue . Pada saat menerapkan  Queue pada jaringan, akan ada 2 jenis Rate, yaitu  MIR dan CIR . ·           MIR (Maximum Information Rate) adalah Bandwidth Maksimal yang akan di dapatkan oleh Client ketika jaringan sedang tidak sibuk (tidak digunakan User Lain) ·           CIR (Committed Information Rate) adalah Bandwidth yang akan di dapatkan sa