Langsung ke konten utama

Tugas 2



FANY WULANDARI
XI TKJ 2
SMKN 13 BANDUNG

PERANGKAT DALAM OSI LAYER
IBU. NUR
BPK. PRIYO
SELASA,30 AGUSTUS 2017



Pengertian Protocol Dalam Jaringan
Protokol adalah suatu aturan yang mendefinisikan fungsi yang terdapat di dalam sebuah Jaringan komputer, seperti misalnya mengirimkan pesan, mengirimkan data, mengirimkan informasi dan fungsi lainnya yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan penerima supaya komunikasi dapat berlangsung dengan baik dan benar walaupun sistem yang terdapat dalam jaringan tersebut berbeda.


Ektensi Domain
COM
Domain COM masuk ke dalam Generic Top-Level Domains (gTLD), dan menjadi domain yang paling populer di dunia. Domain .com awalnya ditujukan untuk situs komersil dan merupakan kependekan dari Commercial. Namun seiring dengan waktu, penggunaan domain ini menjadi ekstensi wajib yang digunakan oleh para pelaku bisnis.
ORG
Org adalah singkatan dari Organization. Ektensi domain .org sangat pas digunakan untuk website organisasi, lembaga, ataupun perkumpulan tertentu. Sama halnya seperti COM dan NET, domain akhiran ORG juga tidak memiliki syarat khusus untuk mendapatkannya.
INFO
Domain INFO merupakan singkatan dari Information. Domain akhiran .info biasanya digunakan untuk keperluan website yang bersifat informatif ataupun blog personal. Tidak ada syarat khusus untuk mendaftar domain .info sehingga Anda hanya tinggal menghubungi penyedia layanan web hosting Indonesia saja.
ID
Domain ID secara khusus ditujukkan untuk masyarakat Indonesia. Jika ingin menggunakan domain akhiran .id, Anda harus menyesuaikan penggunaan ekstensi agar sesuai dengan tema situs atau website. Contohnya, domain co.id yang ditujukan untuk badan usaha, bisnis, dan organisasi yang berbadan hukum, serta berbasis di Indonesia.
BIZ
Sementara domain BIZ umumnya digunakan oleh website bisnis dan merupakan kepanjangan dari kata business. Domain akhiran .biz dapat didaftarkan dengan mudah melalui bantuan layanan hosting Indonesia
NET
Domain NET adalah singkatan dari network atau networking. Ekstensi domain ini dikhususkan untuk penamaan yang berhubungan dengan jaringan, IT, perusahaan computer dan layanan-layanan internet lainnya. Tidak ada syarat khusus untuk pendaftaran domain ini sehingga dapat digunakan untuk umum, seperti .com. 



ISP (Internet Service Provider)
Internet Service Provider (ISP) adalah perusahaan yang memberikan jasa kepada masyarat untuk mengakses Internet. Sebagian ISP menggunakan kabel telepon untuk memberikan akses Internet ke masyarakat
Cara Kerja ISP
Secara umum teknologi yang digunakan di sebuah Internet Service Provider (ISP) sebetulnya relatif sederhana, terdiri atas,

1)     Sambungan ke Internet yang besar menggunakan kecepatan yang sangat tinggi. Beberapa ISP di Indonesia mempunyai kecepatan sampai beberapa Gbps.
2)     Sambungan Internet tersebut di sambungkan langsung pada router yang besar, biasanya kelas Cisco atau Juniper network. Router ini akan mengatur komunikasi antara Internet dengan pelanggan.
3)     Biasanya di ISP akan di pasang juga beberapa Server, baik untuk Web, mail maupun berbagai keperluan lainnya. Sebagian besar Server ISP biasanya dibangun menggunakan sistem operasi Open Source.’
Pelanggan akan tersambung ke ISP menggunakan berbagai teknologi sambungan yang berkecepatan beberapa ratus Kbps atau Mbps.


Network ID dan Host ID
Network ID adalah bagian dari IP address yang menunjukkan di jaringan mana komputer tersebut berada sedangkan host ID menunjukkan workstation, server, router, dan semua host TCP/IP lainnya dalam jaringan tersebut. Contoh pengalokasian IP address adalah sebagai berikut. Contoh pengalokasian IP address adalah sebagai berikut. Akan dibuat sebuah jaringan yang menghubungkan tiga buah komputer. Langkah yang dilakukan adalah menentukan network ID dan host ID. Network ID digunakan untuk menunjukkan host TCP/IP yang terletak pada jaringan yang sama. Semua host pada satu jaringan harus memiliki network ID yang sama. Dengan begitu, sebagai contoh pemberian network ID untuk jaringan tersebut adalah 192.168.1.xxx.
Host ID digunakan untuk menunjukkan suatu host dalam jaringan. Setiap antarmuka jaringan harus memiliki host ID yang unik.


Jenis Jenis Port Berserta Fungsinya
Port Logic Pada Jaringan
Port yang merupakan salah satu perangkat untuk mengakses internet menjadi salah satu hardware jaringan yang wajib ada. Akan tetapi, ada bebrapa port logic yang paling umum digunakan pada jaringan internet, baik untuk menghubungkan protocol ataupun untuk melakukan sitem sharing dan fungsi lainnya. Berikut ini adalah beberapa port logic yang terdapat di dalam jaringan, beserta dengan fungsinya:
1. Port 21
Port pada jaringan komputer yang pertama adalah port 21. Port yang satu ini digunakan untuk mengkoneksikan FTP Server. FTP merupakan kependekan dari File Transmission Protocol, yang merupakan protocol standar yang digunakan dalam hal berbagai file, yang banyak digunakan pada jaringan konektivitas LAN. Untuk dapat saling menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya dengan menggunakan protocol FTP ini, maka digunakanlah Port Logic yaitu Port 21.
2. Port 22
Port Jaringan komputer berikutnya yang bersifat logic adalah port 22. Port 22 ini merupakan port yang digunakan untuk mengaktifkan SSH atau Secure Shell pada jaringan komputer.
3. Port 23
Port selanjutnya, yaitu Port 23. Port logic 23 ini juga sering dikenal dengan nama port telnet. Hal ini dikarenakan Port 23 ini membantu setiap komputer dapat saling terhubung dengan menggunakan basis protocol telnet. Telnet sendiri merupakan kependekan dari Telecommunication Network, yang memungkinkan sebuah jaringan atau koneksi jaringan dibangun (established) secara remote. Untuk dapat membangun koneksi menggunakan protocol telnet ini, maka digunakanlah port logic 23.
4. Port 25
Port selanjutnya adalah port 25. Port ini merupakan port yang cukup penting dalam pengiriman Email. Hal ini disebabkan karena port ini berperan untuk menghubungkan dan membangun sebuah network atau jaringan yang menggunakan protocol SMTP. SMTP merupakan kependekan dari Simple Mail Transfer Protocol, yang merupakan salah satu protocol yang digunakan untuk berkirim email antar jaringan.
5. Port 2525
Port 2525 sebenarnya merupakan sebuah prot logic alterative bagi SMTP atau Simple Mail Transsfer Protocol. Sama seperti penggunaan port 25, port 2525 ini menghubungkan komputer atau client yang akan saling berkirim psan atau email yang menggunakan protocol SMTP dalam proses transmisinya.
6. Port 110
Port logic berikutnya dalam sebuah jaringan komputer adalah port 110. Sama seperti port 25 dan juga prot 2525, port 110 ini memiliki kepentingan dalam bidang surat menyurat secara elektronik atau email. Bedanya, port 110 ini melayani konektivitas jaringan yang menggunakan protocol POP3 atau Post Office Protocol ataupun IMAP4 (Internet Message Access Protokol).
Fungsi dari kedua protocol tersebut adalah untuk menerima email dan juga mengakses mail box pada sebuah email. Jadi apabila anda ingin mendownload dan juga melihat sebuah pesan email menggnakan protocol POP3 ataupun IMAP4, maka pastikan port logic 110 ini sudah terhubung dengan komputer atau gadget anda.
7. Port 119
Port berikutnya dalam sebuah jaringan komputer yang sifatnya logic adalah port 119. Port ini berperang untuk mengakses dan membangun sebuah jaringan yang terhubung dengan NNTP Server, yang merupakan sebuah protocol yang terhubung dengan sebuah server news atau berita di dalam suatu jaringan.
8. Port 389
Port logic berikutnya dalam jaringan komputer adalah port 3389. Port ini merupakan port yan gmelayani koneksi LDAP atau Directory Access Protocol. LDAP merupakan sebuah protocol yang banyak digunakan untuk melakukan akses terhadap direktori atau nama, serta telepon dan juga alamat.
9. Port 3389
Port logic lainnya, yaitu port 3389. Port logic ini merupakan sebuah port logic di dalam jaringan komputer yang dikhususkan untuk melakukan remote desktop. Namun demikian, spesialisasi dri port ini dalam melakukan remote desktop hanya terdapat pada WinX saja.
10. Port 143
Port logic 143 merupakan port yang melayani IMAP4 server. IMAP merupakan kepenedkan dari Internet Messaging Access Protocol, yang banyak digunakan untuk mengambil internet mail. Bedanya dengan port sebelumnya, yaitu port 110 adalah, port ini hanya melayani penagmbilan informasi atau email menggunakan server IMAP4 saja, dan tidak dengan POP3.
11. Port 443
Port berikutnya yang termasuk ke dalam port logic jaringan komputer adalah port 443. Port 443 merupakan port yang digunakan untuk menjalankan sebuah server yang aman atau SSL (Secure Server Layer). Apabila anda ngin membangun sebuah koneksi dengan menggunakan sebuah server secara aman, maka nantinya jaringan anda akan menggunakna port logic yang satu ini.
12. Port 445
Merupakan port logic pada jarinan komputer yang banyak digunakan sebagai file sharing. Port ini banyak digunakan ketika sebuah jaringan komputer ingin melakukan sharing printer, sharing resources, dan sebagainya dalam waktu bersamaan. Kelemahan dari sharing resources, file dan juga hardware menggunakan port ini adalah port ini merupakan salah satu port yang rentan terhadap worm dan juga virus.
13. Port 1503 dan Port 1720
Port logic berikutnya di dalam sebuah jaringan komputer adalah port 1503 dan juga port 1720. Port ini berfungsi untuk melakukan hubungan dengan Microsoft NetMeeting dan VOIP. Dengan begitu, maka anda dapat melakukan panggilan telepon dengan menggunakan internet
14. Port 5631
Merupakan port logic pada sebuah jaringan komputer yang bertugas untuk menghubungan dengan PC Anywhere.
15. Port 5900
Port logic yan gberikutnya adalah port 5631. Port 5631 ini merpakan port pada jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan VNC atau Virtual Network Computing. Fitur VNC ini sanga berguna ketika anda ingin melakukan pengontrolan terhadap server secara remote atau jarak jauh.
16. Port 3306
Port 3306 merupakan port yang digunakan para programmer untuk melakukan proses manajamen basis data atau database, karena port 3306 in imerupakan port yang terhubung dengan aplikasi MySQL.
17. Port 80
Port 80 merupakan jenis port di dalam sebuah jaringan yang banyak digunakan sebagai port dalam mengkoneksikan web server. Web server sendiri merupakan sebuah server yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan sebuah website atau situs tertentu. Untuk dapat menghubungkan koneksi antara client dengan web server, maka port 80 ini dibutuhkan.
18. Port 81
Port 81 merupakan alternative dari penggunana port 80. Jadi secara fungsional dan juga kegunaan, prot 81 ini merupakan port yang digunakan untuk menghubungkan web server atau membangun sebuah jaringan yang langsung berhubungan dengan web server.

DAFTAR PUSAKA  : www.pengertianku.net
www.dewaweb.com
tongestong.blogspot.co.id
semutcentil.wordpress.com
http://dosenit.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan)

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) 1.        Apa yang dimaksud dengan CSMA (Carrier Sense Multiple Acces)... a.        sebuah metode  media access control  (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan  Ethernet . b.        penyempitan jalur dalam sebuah jaringan. c.        bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. d.        layanan server ke client yang menyebarkan data-data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau sumber audio. e.        permintaan flood dikirim ke semua station yang berada dalam network serangan ini dimakan. 2.        Kepanjangan OSI adalah... a.        Operating System Interfaces b.        Open Souerce Interconnection c.        Open System Interconnection d.        Operating System Connection e.        Operating System Interco

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan)

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan) 1.        Fungsi dari perintah ipconfig adalah .... a.       mengecek konektifitas komputer b.      melihat akses internet c.       Mengecek konfigurasi internet d.      melihat konfigurasi IP sebuah komputer - e.      Melihat setting computer 2.       Aplikasi server yang bertanggung jawab dalam proses penerjemahkan hostname menjadi ip address adalah ... A. Firewall B. Server DNS C. FQDN D. BIND E. Cache only name server 3.       Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server disebut jaringan … a.       Peer to peer b.      Client and server c.       Bus d.      Local Area Network e.      Tree 4.       Lapisan ini mengatur bagaimana data atau informasi itu dibawa ke tempat tujuan termasuk juga menjaga kualitas dari service pengiriman data tersebut ... A. Aplikasi B. Session C. Transport D. Network E. Datalink 5.       Fungsi dasar dari perangkat route

administrasi infrastruktur jaringan

Nama : Fany Wulandari Kelas  : XII TKJ 2 Sekolah :SMKN 13 Bandung PENGERTIAN QUALITY OF SERVICE Quality of Service ini adalah Kualitas dari Jaringan kita, Misalnya melakukan manajemen Bandwidth yang merata pada setiap PC Client, Kecepatan yang akan didapat oleh Setiap Client, dan sebagainya yang berhubungan dengan Kualitas Jaringan. Sebagai contoh dari Quality of Service Bandwidth Manajemen kita bisa lihat gambar topologi dibawah ini : Pada Mikrotik sendiri, penerapan Bandwith manajemen bisa menggunakan fitur  Queue . Queue sendiri terbagi 2, yaitu  Simple Queue & Queue Tree . Yang pertama saya bahas disini adalah  Simple Queue . Pada saat menerapkan  Queue pada jaringan, akan ada 2 jenis Rate, yaitu  MIR dan CIR . ·           MIR (Maximum Information Rate) adalah Bandwidth Maksimal yang akan di dapatkan oleh Client ketika jaringan sedang tidak sibuk (tidak digunakan User Lain) ·           CIR (Committed Information Rate) adalah Bandwidth yang akan di dapatkan sa