Langsung ke konten utama

MENCARI ISTILAH ISTILAH DASAR DALAM SEBUAH JARINGAN


 


FANY WULANDARI
XI TKJ2
SMKN 13 BANDUNG



MENCARI ISTILAH SEBUAH JARINGAN

BPK ATEP AULIA
IBU RITA HARTATI
SELASA 17 AGUSTUS 2017


Tujuan :
-Dapat memahami cara mencari istilah istilah dalam sebuah jaringan

Konsep Dasar
Jaringan adalah sekumpulan peralatan komputer yg didukung oleh layanan dan aturan.


CSMA/CD(Carrier Sense Multiple Access)
Carrier sense multiple acces with collision detection atau sering disingkat menjadi CSMA/CD adalah sebuah metode media acces control (MAC) yg digunakan teknologi jaringan ethernet. Dengan metode ini, Semua node jaringan yang akan mengirim data ke node tujuan pertama-tama akan emastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh node lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan data transmisi lain  dan tabrakan (collision),  Maka node tersebut diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang dilakukan secara acak random.

BOOTLENECKS
Bottlenecks bila diartikan secara bebas adalah leher botol. Jika diartikan secara 'kasar', artinya adalah penyempitan jalurPada komputer kasus ini sering terjadi karena kebanyakan kebutuhan atau data yang akan di proses sementara spesifikasi hardware nya tidak memadai. Contohya seperti laptop nya procecor i7 tetapi ram nya 1 gb dan memakai nya denngan game game yg cukup banyak memakai memori.




TROUGHPUT

Troughput adalah bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu.
Sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan.

FLOODING DAN BROADCASTING

Flooding data adalah bentuk serangan yang mengakibatkan suatu sistem akan terbanjiri oleh data data secara terus menerus dalam waktu singkat.
Broadcasting adalah permintaan flood dikirim ke semua station yang berada dalam network serangan ini dimakan. 
Brodcast dapat didefinisikan sebagai layanan server ke client yang menyebarkan data-data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau sumber audio.
VLAN

VLAN adalah kelompok device dalam sebuah LSN yg di konfigurasikan (menggunakan software manajemen) sehingga merekan dapat saling berkomunikasi asalkan hubunngan dengan jaringan yang sama walaupun secara fisikal mereka berada pada segmen LAN yang berbeda. Jadi VLAN dibuat bukan berdasarkan koneksi fisiklal namun lebih pada  koneksi logical, yang tentunya lebih fleksibel. Secara logika, VLAN membagi  jaringan kedalam beberapa subnetwork. VLAN mengijinkan banyak subnet dalam jaringan yang menggunakan switch yang sama.  


             http://lookshe.blogspot.co.id
                                     http://rizkyagung.net/
                         https://rizur010593.wordpress.com/2012/04/25/
                                     http://thom-sharing.blogspot.co.id
            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan)

Soal AIJ (Administrasi Infrastruktur Jaringan) 1.        Apa yang dimaksud dengan CSMA (Carrier Sense Multiple Acces)... a.        sebuah metode  media access control  (MAC) yang digunakan oleh teknologi jaringan  Ethernet . b.        penyempitan jalur dalam sebuah jaringan. c.        bandwidth yang sebenarnya (aktual) yang diukur dengan satuan waktu tertentu dan pada kondisi jaringan tertentu yang digunakan untuk melakukan transfer file dengan ukuran tertentu. d.        layanan server ke client yang menyebarkan data-data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau sumber audio. e.        permintaan flood dikirim ke semua station yang berada dalam network serangan ini dimakan. 2.        Kepanjangan OSI adalah... a.        Operating System Interfaces b.        Open Souerce Interconnection c.        Open System Interconnection d.        Operating System Connection e.        Operating System Interco

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan)

Soal ASJ(Administrasi Server Jaringan) 1.        Fungsi dari perintah ipconfig adalah .... a.       mengecek konektifitas komputer b.      melihat akses internet c.       Mengecek konfigurasi internet d.      melihat konfigurasi IP sebuah komputer - e.      Melihat setting computer 2.       Aplikasi server yang bertanggung jawab dalam proses penerjemahkan hostname menjadi ip address adalah ... A. Firewall B. Server DNS C. FQDN D. BIND E. Cache only name server 3.       Setiap komputer yang terhubung ke jaringan dapat bertindak baik sebagai workstation maupun server disebut jaringan … a.       Peer to peer b.      Client and server c.       Bus d.      Local Area Network e.      Tree 4.       Lapisan ini mengatur bagaimana data atau informasi itu dibawa ke tempat tujuan termasuk juga menjaga kualitas dari service pengiriman data tersebut ... A. Aplikasi B. Session C. Transport D. Network E. Datalink 5.       Fungsi dasar dari perangkat route

administrasi infrastruktur jaringan

Nama : Fany Wulandari Kelas  : XII TKJ 2 Sekolah :SMKN 13 Bandung PENGERTIAN QUALITY OF SERVICE Quality of Service ini adalah Kualitas dari Jaringan kita, Misalnya melakukan manajemen Bandwidth yang merata pada setiap PC Client, Kecepatan yang akan didapat oleh Setiap Client, dan sebagainya yang berhubungan dengan Kualitas Jaringan. Sebagai contoh dari Quality of Service Bandwidth Manajemen kita bisa lihat gambar topologi dibawah ini : Pada Mikrotik sendiri, penerapan Bandwith manajemen bisa menggunakan fitur  Queue . Queue sendiri terbagi 2, yaitu  Simple Queue & Queue Tree . Yang pertama saya bahas disini adalah  Simple Queue . Pada saat menerapkan  Queue pada jaringan, akan ada 2 jenis Rate, yaitu  MIR dan CIR . ·           MIR (Maximum Information Rate) adalah Bandwidth Maksimal yang akan di dapatkan oleh Client ketika jaringan sedang tidak sibuk (tidak digunakan User Lain) ·           CIR (Committed Information Rate) adalah Bandwidth yang akan di dapatkan sa